Senin, 20 Mei 2013

Sejarah Mouse Komputer

 


Apa itu mouse..? Mouse yang diartikan di dalam bahasa Indonesia yang artinya Tetikus itu berfungsi sebagai alat input atau pemasukan perintah, dan mouse itu juga berfungsi membantu dalam pemilihan menu-menu yang ada di dalam program komputer.

Mungkin dari anda ada yang bertanya-tanya kenapa dinamakan mouse, dinamakan mouse karena menurut sejarah kabel yang berada pada mouse itu seperti ekor atau buntut tikus, coba perhatikan dengan seksama mirip apa tidak...kalau menurut saya sih memang mirip...kalau anda gimana...mirip apa tidak..?

Mouse dahulunya diperkenalkan pertama kali oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Insitute pada tahun 1963. pada saat itu mouse hanya terbuat dari bahan kayu dan hanya memiliki 1 tombol saja. Kemudian model kedua muncul dan sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang diberi nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Mouse ini berukuran sangat besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y pada komputer.

Pada awal tahun 1970 Perkembangan mouse selanjutnya dilakukan oleh Bill English Mulailah keluar penemuan baru yaitu Mouse dengan bola berputar kesegala arah yang sering kita sebut dengan sebutan Mouse Trackball, kelemahan dari mouse ini mudahnya masuk abu, oleh karena itu mouse ini harus sering dibersihkan dibagian bolanya.

Teknologi dari mouse tidak pernah ada habisnya semakin lama semakin berkembang pesat yaitu contohnya mouse yang menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan, dan ada lagi teknologi mouse yang sangat modern saat ini yaitu mouse yang berteknologikan laser.mouse laser ini memiliki tingkat kecepatan 20 kali lebih cepat dibandingkan mouse optik. dan untuk sekarang ini mouse sudah tidak memakai kabel lagi yaitu dengan menggunakan teknologi wireless

Tidak ada komentar:

Posting Komentar