Minggu, 07 Oktober 2012

Tips Memilih dan Membeli Tablet PC

            Saat ini barang-barang elektronik telah mengikuti zaman yang dimana saat ini kita telah memasuki zaman yang modern, dengan segala teknologinya yg dapat memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Hal itu dapat kita lihat jelas dalam hal barang elektronik berupa gadget yang dimana dioperasikan dengan system yang canggih yang dimana gadget ini dapat membantu manusia dalam menjalankan segala aktifitasnya, contohnya ialah :

·         GPS, dapat digunakan untuk memandu kita dalam perjalanan agar kita dapat sampai pada tujuan yg diinginkan dengan tepat dan cepat.
·         Word Editor, dapat membatu kita dalam mengolah tulisan dengan bermacam formatnya.
·         Music, untuk kita dapat mendengarkan music sebagai hiburan.
·         Dll.
Tapi dalam memilih sebuah gadget kita haruslah memahami berbagai aspek yang terkait agar kita tidak kecewa setelah memilikinya.
Berikut ini akan kita bahas aspek-aspek yang bisa kita pertimbangkan atau perhitungkan untuk memilih suatu gadget. Dalam bahasan ini kita akan membahas gadget Tablet PC. Berikut ini adalah ulasannya :
1.       Harga
Seperti kebanyakan gadget lain, kita mendapatkan apa yang kita bayar, dan tidak terkecuali tablet. Jadi, jika kita menghabiskan uang kurang dari $ 500 - $ 600 (yang tampaknya menjadi harga awal dari tablet model ber-Wi-Fi- saja seperti 2 iPad dan Xoom Motorola), jangan harap mendapatkan sesuatu yang wah. Cherry CherryPal Pad adalah contoh tepat dari barang seharga $ 188 dengan banyak kelemahan, termasuk layar berkualitas rendah dan kurangnya fitur-fitur utama. Adapun 3G (dan 4G) tablet, harga sangat bervariasi tergantung pada produsen, kapasitas, dan rancangan, jangan lupa harga yang harus kita bayar $ 20 per bulan untuk online - harga tablet terendah iPad 2 3G $ 629 untuk 16GB.

Harga iPad yang dibanderol mulai dai US$ 499 (Wi-Fi saja, ruang penyimpanan 16 GB) sampai US$ 829 (3G, ruang penyimpanan 64 GB), jauh lebih mahal dari netbook yang paling murah. Samsung Galaxy Tab diumumkan dengan banderol harga US$ 600 (3G, ruang penyimpanan 64 GB). Sementara itu, tablet CTL dengan Windows 7 Home Premium dibanderol dengan harga US$ 549. Untuk Windows 7 Professional, kamu akan dikenakan biaya tambahan US$ 55. (Seluruh harga bisa bergerak)

Budget kita untuk membeli komputer tablet. Istilah "price is quality" rasanya masih sulit tergoyahkan meskipun memang ada beberapa produsen cenderung “banting harga” dengan produk yang berkualitas. Jadi pastikan dulu berapa dana maksimal yang bisa kita keluarkan untuk membeli sebuah tablet. Ingat, yang akan kita beli adalah sebuah tablet, bukan emas, lembar saham atau rumah yang bisa kita pakai sekaligus investasi untuk masa depan.


2.       Konektivitas
Hampir semua komputer tablet yang ada di pasaran saat ini memiliki sudah mekitamkan Wifi dan Bluetooth. Ada beberapa pilihan konektivitas untuk tingkat perangkat : Wi-Fi, 3G WAN, dan 3G WAN ditambah ponsel. Semuanya menjadi perangkat yang tersambung, dan jelas 3G merupakan konektivitas yang terbaik. Tapi ingat, perangkat yang memiliki kemampuan 3G akan menuntut anggaran rencana biaya yang lebih tiap bulannya. Meski begitu biaya ini masih sepadan dengan biaya pemakaian internet pada umumnya, tapi kita berharap saja biayanya bisa menurun tajam ketika 4G sudah tersebar luas nantinya. Untuk sementara itu pemakaian Wi-Fi akan jauh lebih baik dan efisien.

Sebagian besar model tablet hadir denganWi-Fi saja atau dilengkapi 3G (suatu saat kemungkinan menggunakan 4G) memanfaatkan operator layanan selular. Jika kita ingin menggunakan tablet untuk online di mana saja, kita harus memilih model dengan 3G. Tentu saja, ini menambah tinggi harga perangkat, dan juga kita harus membayar untuk layanan seluler. Umumnya, meskipun, kita dapat membeli data berbasis bulanan, dengan biaya biasanya tidak melebihi $ 20 per bulan, selama kita dalam batas-batas penggunaan data (tidak melebihi quota).

3.      Alasan Membeli
Saat ini ada 3 device yang dikenal dan mulai banyak digunakan di masyarakat yaitu laptop (notebook), smartphone dan Tablet PC. Masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Oleh karena itu sebaiknya kita pikirkan dan yakinkan dulu alasan kita dalam membeli Tablet PC.

Menurut Biro riset terkemuka, Nielsen, mencoba meneliti alasan mengapa orang memakai tablet. Berikut hasilnya seperti dikutip dari Fortune :

·         Mudah dibawa ke mana-mana (31%)
·         Interface/sistem operasi gampang digunakan (21%)
·         Startup/off yang cepat (15%)
·         Nyaman digunakan (12%)
·         Ukuran yang kompak (12%)
·         Bisa digunakan di berbagai tempat (12%)
·         Performa cepat (11%)
·         Menyukai fiturnya seperti aplikasi atau kalender (10%)
·         Ringan bobotnya (7%)

4.        Ketahanan Baterai
Memperhatikan kualitas dan kuantitas baterai sangatlah penting karena tablet merupakan handset yang menggunakan banyak daya, pada umumnya ketahanan baterai tablet berkisar dari sekitar dua jam sampai 10 jam, akan tetapi ingatlah bahwa ketahanan baterai didasarkan pada faktor atau pemakaian yang berbeda-beda.

5.      Sistem Operasi dan Aplikasi
Banyak tablet dari berbagai merek. Ada iOS dari Apple, Android dari Google yang menggandeng banyak perusahaan, BlackBerry OS, dan Windows serta paling banyak dijumpai dipasaran. Cari mana yang kita suka atau perlukan. Namun hingga saat ini Blackberry OS masih belum diterapkan pada tablet, Blackberry

Mencocokkan sistem operasi yang tepat bagi pengguna ibarat mencari jodoh. Setiap orang memiliki ide berbeda tentang apa yang elegan dan indah. Untuk mengetahui lebih lanjut, kita perlu memperlajari setiap platform. Namun ingatlah, tidak seperti laptop Windows yang memungkinkan kita mengganti versi-versinya, dalam tablet OS, kita hanya memiliki satu pilihan perangkat.


6.      Tahu Kelebihan dan Kekurangan Tablet PC
Saat memanfatkan tablet untuk membantu pekerjaan, kita tidak akan mendapatkan nilai/kemampuan seperti yang kita rasakan pada sistem operasi desktop, seperti yang kita temukan pada PC. Tablet pada dasarnya adalah versi ringan dari laptop dalam artian menyeluruh (baik dari segi berat, ataupun fitur yang disediakan).

Kelebihan Tablet PC
·         Layar Lebar untuk menampilkan halaman web penuh dengan tampilan landscape maupun portrait.
·         WiFi, kita tidak lagi membutuhkan kabel LAN untuk menghubungkannya dengan internet. Atau, setidaknya kita tidak lagi membutuhkannya untuk berbagi dengan perangkat lain.
·         3G HSDPA, beberapa Tablet sudah dilengkapi dengan teknologi seluler, baik untuk mengakses data maupun melakukan kegiata klasik ber-HP: telefon dan sms.
·         Ukuran bisa dibilang sangat portable bila dibandingkan dengan perangkat komputer lipat alias laptop, Tablet dipercaya lebih ringkas. Tenang saja, dari ukurannya saja sudah kelihatan, namun dengan demikian tetap dilengkapi fitur khas sebuah Komputer dan HP sekaligus.
·         Kamera. Beberapa Tablet terutama yang berukuran 7 inchi (layarnya) memiliki kamera dengan kemampuan lebih dari cukup. Baik untuk fotografi mobile, maupun sebagai sarana chat video.
·         Sebuah e-book reader yang mumpuni.
·         Perangkat Gaming 3D portable dengan nilai plus.

Kekurangan Tablet PC
·         Teks Input hanya berupa virtual keyboard dilayar sentuh.
·         Kartu Gafis terbatas.
·         Ukuran. Selain menjadi kelebihan, ukuran Tablet juga bisa menjadi titik lemah. Meskipun sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan selular dan fitur-fitur HP, Tablet tidak bisa serta merta menjadi pengganti HP. Terbayangkah membawa perangkat berlayar 9 inchi atau 7 inchi kedalam saku celana dan kemeja?
·         Suplai Daya. Menjadi keharusan bagi sebuah Tablet untuk menyediakan perangkat penyuplai daya yang munpuni. Karena menjadi portable, maka baterai adalah salah satu tumpuan terakhir. Tablet akan cenderung hidup selalu baik dibutuhkan atau tidak. Tidak seperti Laptop yang akan kita matikan ketika tidak sedang digunakan. Waktu standby akam menyedot daya yang tidak sedikit.
·         Dukungan Software dan Kompatibilitas. Tidak ada stkitar yang jelas mengenai kompatibilitas dan dukungan Software para Tablet. Hal ini karena penggunaan OS yang tidak seragam dan juga kemungkinan sebuah vendor untuk memasukkan unsur-unsur "tardisi"-nya ke dalam Tablet.
·         Ruang Penyimpanan Terbatas. Kalaupun ada slot tambahan hanya untuk kartu memory MicroSD yang besarnya maksimum di angka 32GB saja. Lalu bagaimana dengan Tablet yang tidak memiliki slot?.

7.       Desain dan Ukuran
Ukuran layar tablet yang akan kita beli. Dengan disadari atau tidak, masyarakat umumnya lebih cenderung memilih ukuran layar luas, alasan utamanya adalah agar semua yang isi tampilan layar dapat dilihat dengan lebih jelas. Pilihlah layar yang berukuran sedang agar dapat lebih nyaman saat membawa dan memakainya. Jangan lupa cek juga kecepatan respon esksekusi saat di sentuh lalu kemudahan dalam menginput dan mencari data.

Ukuran menentukan kenyamanan. Bila kita sudah nyaman dengan tablet berukuran 7 inci, jangan cari yang 10 inci. Begitu pula sebaliknya. Tidak usah panik bila satu perusahaan mengeluarkan dua ukuran layar. Cari yang kita rasa lebih nyaman.


Berat atau Ringan
Tablet sekarang ini banyak ukuran dan berat. iPad 2 memilki berat 601g dan setipis 8,8mm. Samsung Galaxy Tab 10.1 beratnya 595g dan setipis 8,6mm. Sedangkan PlayBook setebal 9,7mm dan beratnya 400g. Pilih yang mana dong ?
           
Berat tablet adalah salah satu keuntungan dibandingkan laptop - tapi harus ditekankan, tablet lebih berat 1,5 pon (seperti iPad 2) atau tidak seringan, dibandingkan dengan ponsel kita. Setelah kita memegangnya selama sekitar sepuluh menit, tangan kita akan mulai terasa lelah.


8.      Besar Kapasitas Penyimpanan Data
Semakin besar kapasitas penyimpanan data maka semakin banyak pula data dan aplikasi yang bisa kita simpan. Namun ingat, semakin besar dan banyak data maupun aplikasi yang kita gunakan kelak akan memperlambat kinerja tablet itu sendiri dalam membaca dan mengesksekusi perintah (loading makin lambat gitu lho).

9.      Layanan Purna Jual
Tips terakhir ini untuk kita berjaga-jaga kalau ternyata dikemudian hari kita hendak komplain atau menjual tablet yang telah kita beli. Telitilah tablet pada saat kita membeli, jangan sampai barang yang kita beli ternyata barang Aspal (asli tapi palsu).

Akhirnya, sebelum kita membeli, usahakan, kunjungi dulu toko elektronik di tempat kita untuk mencoba secara langsung beberapa tablet yang berbeda, sehingga kita dapat melihat dan merasakan mana yang sesuai kebutuhan kita

10.     Input dan Output
Mengingat komputer tablet adalah piranti tipis, koneksi biasanya dibatasi hanya dengan sambungan headphone 3,5mm. iPad kebanggan Apple bahkan tidak memiliki gerbang USB, sehingga kita terbatsi dengan gadget yang bekerja dengan konektor khusus iPad.

Sedikit sekali versi tablet yang memiliki gerbang tambahan seperti HDMI, yang membuat kita dapat menampilkan video atau foto ke TV. Pastikan kita tahu kebutuhan apakah akan menggunakan tablet sebagai pengganti dekstop atau notebok. Jika ya, maka port tambahan itu akan sangat membantu.

Bila tablet yang kita inginkan tidak memiliki semua koneksi yang Kita inginkan, ada berbagai adapter port eksternal untuk tablet. Tablet Archos 9 misal, menawarkan replikator port yang dapat dipisah untuk sambungan sejumlah port USB, VGA dan ethernet. Lalu Apple memiliki konektor VGA untuk menyambungkan monitor satu layar penuh dengan kit penghubung kamera untuk mengunggah gambar-gambar dari kamera ke iPad.

11.  Kamera dan Video Chatting
Dengan dirilisnya iPad 2, menunjukkan Apple terjebak dahsyatnya kompetisi tablet, ini bisa dilihat dari ditambahkannya kamera di depan dan belakang iPad 2 yang berfungsi untuk mengambil gambar tetap dan video. The Xoom memiliki kualitas kamera belakang lebih baik daripada iPad, tetapi intinya adalah: kamera pada semua tablet ini, lebih cenderung sebagai mainan daripada sebagai alat utama. Tidak ada satupun fitur tersebut ditujukan mengambil alih posisi kamera sekitar point-and-shot.

Dicengkokannya kamera depan berarti tablet menawarkan fitur chatting via video, tapi tidak semua aplikasi video chat diciptakan sama. Google Talk untuk Honeycomb, yang hadir di Xoom, adalah aplikasi yang bagus, mudah digunakan, dan beroperasi melalui account Google. kita dapat chatting dengan siapa saja yang memiliki akun Google.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar