Senin, 08 Oktober 2012

GOOGLE


Google.com, siapa yang tidak mengenal kata ini saat ini. Setiap orang yang memakai internet hampir dipastikan membuka website ini untuk melakukan pencarian informasi terkait yang orang bersangkutan cari. Google dapat disimpulkan sebagai perpustakaan dari setiap informasi yang ada pada internet. Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, yang dimana selain pelayanan untuk pencarian informasi terdapat juga Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mereka mendirikan perusahaan Google saat mereka masih berada di tingkat perguruan tinggi.

Google mendapatkan keuntungannya yang sebagian besar berasal dari program periklanan. Google menggunakan AdWords sebagai sumber utama penghasilan keuntungannya. Google AdWords membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau bayar-per-lihat. Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.
Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan. Google memiliki miliaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, Google Maps dan lainnya.
Tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya yang disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.
Google juga telah membuat beberapa aplikasi desktop, termasuk Google Earth, sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dapat dikatakan sangat akurat dan lebih mendetail. Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas.
Google telah menerima berbagai kontroversi yang dikaitkan dengan praktik dan layanan bisnis mereka. salah satunya adalah penyalahgunaan hak cipta karena memasukan banyak buku pada Google Book Search sehingga buku sangat mudah dicari. Google juga telah dikritik oleh pengiklan karena melakukan klik bayar, ketika seseorang digunakan untuk melakukan pembayaran pada sebuah iklan tanpa memiliki rasa ketertarikan terhadap produk tersebut. Laporan industri tahun 2006 mengklaim bahwa sekitar 14 hingga 20 persen klik merupakan pemaksaan bayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar