Selasa, 27 November 2012

Bogor Kota Wisata

Bogor, begitu banyak tujuan wisata yang dapat kita jajahi di kota ini. Tak aneh apabila setiap hari libur kota ini penuh dengan para pendatang yang bertujuan untuk berwisata melepas penat dari aktifitas sehari-hari. Berikut ini adalah bebeapa tempat yang mungkin biasa dijadikan tempat tujuan oleh para pelancong yang baik datang dari dalam kota maupun luar kota.

KEBUN RAYA BOGOR
Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan PUSTAKA. Pada hari Minggu dan hari libur, Kebun Raya Bogor sangat ramai dengan pengunjung. Kebun Raya Bogor dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Harga tiket masuknya Rp 10.000,00. Tiket masuk untuk mobil roda empat ialah Rp 15.000,00 dan Motor Rp 3.000,00. Pintu gerbang utama kebun raya ada di sebelah Selatan, sedangkan pintu-pintu yang lain hanya dibuka pada hari Minggu dan libur. Untuk masuk ke Rumah Anggrek di dalam KRB, pengunjung dikenakan tambahan Rp 1.000,00.

CURUG 7 / CURUG CILEMBER
Curug Cilember dikenal juga dengan Curug 7 Cilember merupakan kawasan wisata alam yang mengusung konsep ekowisata. Kawasan wisata alam ini menyajikan keindahan, kesejukan dan hijaunya hutan hujan tropis dengan daya tarik utama berupa 7 (tujuh) buah curug . Kawasan yang berada di kawasan perbukitan Hambalang tepatnya di Desa Jogjogan Kecamatan Cisarua ini, hanya berjarak ±25 km dari kota Bogor dan ±100 km dari kota Jakarta dan dapat ditempuh dengan kendaraan sepeda motor, mobil, micro bus dan medium bus.  Di dalam kawasan wisata alam yang memiliki ketinggian 700m dpa dengan suhu 15° - 25° C ini, kita dapat menjelajahi dan menikmati keindahan dan sejuknya tujuh buah air terjun yang berada pada ketinggian berbeda dengan melintasi jalan setapak diantara rindangnya vegetasi hutan hujan tropis, menjadikan sebuah petualangan dan pengalaman menarik dan unik dalam hidup kita. Selain itu kita juga dapat mempelajari atau sekedar mengenal dan menyaksikan kecantikan 12 species satwa Kupu-Kupu yang berada dalam sebuah taman penangkaran berbentuk kubah.
Bagi yang ingin bermalam tersedia akomodasi berupa Jungle Lodge dengan pemandangan menghadap ke air terjun, sungai dan hutan. Suara gemericik air terjun dan sungai serta suara daun pinus yang diterpa angin senantiasa menemani keheningan tidur kita, memberikan sensasi tersendiri dan menjadikan suatu pengalaman baru ditengah rutinitas dan kesibukan kita sehari-hari. Pilihan lainnya adalah bermalam dalam tenda (camping) yang dapat dipasang di beberapa lokasi camping ground sesuai pilihan dan keinginan kita. Bagi yang ingin melakukan rapat kecil tersedia akomodasi berupa aula/meeting room berkapasitas 20 (dua puluh) orang. Disamping kegiatan wisata harian (rekreasi) dan wisata bermalam (jungle lodge dan tenda), kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan di alam terbuka (outdoor activity program) lainnya, seperti ; pendidikan / pengenalan lingkungan dan konservasi alam (eco-edu), outbound & gathering (low impact, high impact, extrim impact), jungle trakking, shooting film, fotografi, foto hoby, foto preweding dan sebagainya. Keramahan yang disuarakan alam curug cilember melalui indahnya vegetasi hutan hujan tropis, gerak sayap kupu-kupu dan gemericiknya air terjuk semakin menguatkan kita untuk selalu menjaga kelestariannya.

CURUG NANGKA
Curug Nangka adalah sebuah kawasan wisata air terjun yang terletak di Ciapus, Bogor, Jawa Barat yang masuk dalam, naungan RPH Gunung Bunder, BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor.  Daya Tarik Utama Wana Wisata Curug Nangka adalah air terjun yang mempunyai 3 tahap, dengan masing-masing memiliki ketinggian antara 10-20 m.  Selain Curug Nangka di kawasan ini juga dapat ditemui dua buah curug lagi, yaitu Curug Kawung dan Curug Daun.  Lokasi ketiga curug ini satu dengan yang lainnya berjarak sekitar 100 m dengan urutannya dari bawah adalah Curug Nangka, lalu Curug Daun dan terakhir adalah Curug Kawung.
Ketiga curug ini berada di kaki Gunung Salak pada ketinggian sekitar 750 m dpl dengan curah hujan 4000mm/tahun dengan suhu udara 20-22 C.  Selain menyajikan obyek wisata berupa air terjun, di kawasan Curug Nangka banyak sekali dijumpai kera-kera liar yang kerap sekali berani menghampiri pengunjung.

PUNCAK
Puncak adalah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Daerah ini sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Daerah ini dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk kota Jakarta dan sebagai daerah perkebunan teh yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda yang kini merupakan Perkebunan Teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas. Keindahan daerah ini memukau Presiden Soekarno, sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alam Puncak, yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang indah, antara lain Perkebunan Teh Gunung Mas dan Gantole (Paralayang). Di daerah Puncak juga terdapat berbagai tempat wisata menarik diantaranya Taman Safari, Kebun Bunga, dan terdapat sebuah Masjid yang indah dengan arsitektur yang khas dan sederhana yaitu Masjid Atta'awun. Di daerah ini juga terdapat banyak sekali villa-villa dan hotel yang dimiliki oleh warga sekitar untuk tempat beristirahatnya pengunjung.

TELAGA WARNA
Telaga Warna merupakan objek wisata danau kecil yang berada di Kecamatan Cisarua, tidak jauh dari puncak pass. Air danau ini dapat berubah warna-warni sesuai dengan alam saat itu. Mitos yang berkembang bahwa bagi siapa yang membasuh muka dengan air telaga ini akan selalu terlihat awet muda
Telaga Warna memantulkan 3 warna yaitu hijau, merah, dan biru. Kandungan belerang yang ada di dalamnya memantulkan warna kehijauan, sedangkan ganggang merah yang ada didasar telaga memantulkan cahaya kemerahan dan jernihnya air telaga yang berwarna biru muncul dari pantulan gradasi sinar matahari.
 Dan masih banyak lagi tempat wisata lannya yg dapat kita kunjungi apabila kita dating ke Kota Bogor ini. Tetapi selalu ingatlah dalam ingatan kita bahwa alam itu patut dijaga,bukan untuk dirusak. Jagalah keasrian alam saat kita berwisata, jangan merusaknya karena alampun memiliki rasa :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar